Kamis, 24 Januari 2013


Contoh Format Skenario


Pada bagian pertama adalah halaman muka yang berisi nama perusahaan/PH ,dan siapakah yang mempunyai ide cerita tersebut.

I. Halaman Muka
PT. TRIHANDOKO PICTURES
Ide Cerita & Penulis Skenario
AC/DC


Di dalam bagian ke dua ini adalah isi, isi dari skenario tersebut. Terdpt beberapa istilah seperti 01. INT. RUMAH MAKAN – SIANG yang artinya pada saat itu lokasi shooting berada di rumah makan dan waktu shootingnya adalah siang hari. FADE OUT adalah istilah untuk mengambil gambar yang perlahan menjauh dari objek atau gambar yang kita ambil. Sedangkan FADE IN untuk pengambilan gambar yang semakin mendekati objeknya. CUT TO adalah istilah untuk countinity atau pengambilan gambar pada scene atau adegan tersebut selesai dan akan d lanjutkan padascene atau adegan berikutnya.

II. Isi

01. INT. RUMAH MAKAN – SIANG
Tampak terlihat beberapa orang sedang menikmati hidangan di rumah makan tersebut. ROMI (25) terlihat duduk sambil menelepon seseorang lewat HP miliknya. Pakaiannya seperti seorang eksekutif muda.


(OS)
Sate padangnya satu, sate kambing satu..

Lalu muncul beberapa orang bergaya mafia. Berjalan SLOW MOTION. Kemudian mereka pun duduk di salah satu tempat.

FADE OUT

FADE IN

02. INT. KAMAR ROMI - SIANG
Kamar yang terlihat begitu berantakan. Beberapa pakaian, buku, majalah, CD dan kaset berantakan dimana-mana. Beberapa dinding kamar itu terpampang poster grup band terkenal. Romi terlihat tertidur pulas.


CUT TO




Tidak ada komentar:

Posting Komentar